Pages

Ahad, 5 Disember 2010

Kriteria ADHD (DSM IV TR)

Kriteria ADHD
Menurut DSM IV, kriteria diagnostik dari Attentional Deficit Disorder With Hyperactivity Disorder (ADHD), sebagai berikut :
KRITERIA DIAGNOSTIK
ATTENTIONAL DEFICIT DISORDER WITH HYPER ACTIVITY (ADHD)
Kriteria ADHD
-
A. IN ATTENTION.
Paling tidak ada 3 dari dibawah ini
- Sering gagal menyelesaikan sesuatu
- Sering seperti tidak mendengarkan
- Sulit konsentrasi pada tugas yang butuh perhatian
- Pikiran mudah kacau
- Sulit melibatkan diri dalam kegiatan bermain.
-
B. IMPULSIVITAS.
Paling tidak ada 3 dari di bawah ini
- Sering bertindak sebelum berpikir
- Mudah beralih dari satu aktivtas ke aktivitas yang lain
- Sulit melakukan organisasi kerja
- Butuh pengawasan dari orang lain
- Sering dihukum di kelas
- Sulit menunggu giliran dalam permainan kelompok.
-
C. HYPERACTIVITY.
Paling tidak ada 2 dari di bawah ini
- Berlari-larian, memanjat secara berlebihan
- Sulit duduk tenang/ gelisah berlebihan
- Sulit diam
- Selama tidur banyak bergerak
- Selalu dalam keadaan siap bergerak / bertindak seperti digerakkan motor
-
D. Tenggang waktu 6 bulan
-
E. Muncul sebelum usia 7 tahun.
-
F. Bukan Schizophren, Affective Disorders atau MR
-

Kriteria DSM IV-TR untuk ADHD:
1. Harus ditemukan enam (6) atau lebih gejala gangguan pemusatan perhatian atau enam (6) atau lebih gejala hiperaktivitas-impulsivitas.
2. Menetap 6 bulan atau lebih sampai derajat terjadi maladaptive dan tidak sesuai dengan tingkat perkembangan.
3. Sudah timbul sebelum usia 7 tahun serta beberapa gejala tersebut di atas muncul dalam atau lebih keadaan.
-
Gangguan Pemusatan Perhatian
Gagal memusatkan perhatian pada hal kecil atau membuat kesalahan sembrono dalam pekerjaan sekolah, pekerjaan atau aktivitas lain.
Sukar mempertahankan perhatian apa tugas atau aktivitas bermain.
Seolah tidak mendengar bila di ajak berbicara langsung.
Tidak mengikuti instruksi dan gagal menyelesaikan pekerjaan sekolah, tugas atau kewajiban ditempat bekerja.
Mengalami kesukaran dalam mengatur tugas dan aktivitas
Menghindar atau tidak suka terikat pada tugas yang membutuhkan dukungan mental terus menerus, seperti pekerjaan sekolah atau PR
Sering kehilangan benda yang diperlukan untuk tugas atau kegiantannya misalnya mainan, tugas sekolah, pensil atau buku.
Perhatian mudah teralihkan oleh rangsang dari luar
Sering melupakan kegiatan sehari-hari.
Hiperaktivitas Dan Impulsivitas
Sering gelisah menggerakkan tangannya atau tidak dapat duduk tenang.
Meninggalkan tempat duduk dikelas dalam situasi dimana anak diharapkan tetap duduk.
Sering berlari atau memanjat berlebihan dalam situasi yang tidak sesuai (pada remaja atau orang dewasa terdapat perasaan subjektif gelisah)
Sering sulit untuk bermain atau terlibat dalam kegiatan senggang dengan tenang.
Bergerak terus atau sering berlaku bagaikan “dikendalikan oleh motor”.
Sering berbicara berlebihan
Sering menjawab sebelum pertanyaan yang diajukan selesai
Sering sulit menunggu giliran
Sering menyela dan memaksakan kehendaknya pada orang lain (missal potong pembicaraan orang lain atau permainan)
-
Kriteria DSM IV:
1. Kriteria A: gejala yang muncul dalam waktu 6 bulan terakhir
2. Kriteria B: gejala hiperaktif-impulsif muncul sebelum usia 7 tahun
3. Kriteria C: gejala muncul sedikitnya dalam dua situasi
4. Kriteria D: gejala dianggap mengganggu kehidupan social, akademik, dan pekerjaan.
5. Kriteria E: gejala tidak terjadi dengan sendirinya
-
Sub Kategori diagnosis dalam DSM IV-TR:
1. ADHD tipe predominan inatentif
2. ADHD tipe hiperaktif impulsif
3. ADHD tipe kombinasi

0 comments:

Catat Ulasan